Mengurangi Distraksi Smartphone


Saat semua serba digital seperti ini, sangat sulit rasanya untuk lepas dari gadget (smartphone). Hampir setiap hal bisa didapat di sana, seperti berkomunikasi, informasi terkait berita ataupun hobi, berbelanja, bahkan hal-hal yang lain bisa dilakukan dalam genggaman.
Namun bukan berarti manusia tidak memiliki kejenuhan dengan smartphone. Kadang ingin rasanya tidak ketergantungan dan mengandalkan segalanya dengan smartphone, tapi rupanya semua terasa bagai kebutuhan pokok. 

Ada masanya saat ingin benar-benar lepas dari distraksi smartphone, tapi justru sedikit-sedikit tetap melihat handphone, padahal tidak ada kegiatan yang harus saya lakukan dengan ponsel itu. Kadang seperti terjebak dalam bermedia sosial, padahal tidak ada suatu hal penting yang harus dilakukan "di sana." Awalnya mungkin sulit, tapi makin ke sini saya baru menemukan ternyata ada kegiatan-kegiatan yang bisa saya lakukan untuk terlepas dari "ketergantungan smartphone dan bermedia sosial." Berikut adalah cara-cara yang saya lakukan untuk mejauhi distraksi handphone:

  • Menonton Film Membuat Saya Lupa Waktu   
Saya adalah orang yang kalau nonton film bisa sangat fokus, seperti ikut masuk ke dalam ceritanya, terkadang saking fokusnya sampai membuat energi saya terasa bisa terpengaruhi oleh film yang saya tonton. Dengan tingkat kefokusan saya dalam menonton film dapat dipastikan akan membuat lupa dengan keberadaan handphone dan bahkan saya bisa tidak memegang ponsel sampai berjam-jam.
  • Larut Pada Tulisan-Tulisan yang Saya Baca
Selain menonton film, membaca buku atau blogwalking dapat membuat saya lupa dengan keberadaan handphone yang sering membuat saya terjebak dengan kegiatan skrol-skrol media sosial tanpa menghasilkan apa-apa. Awalnya memang sulit, tapi kebiasaan saya terlalu sering membuka handphone membuat waktu saya untuk membaca semakin berkurang. Ada waktu-waktu di mana saya sengaja menjauh dari smartphone dan memfokuskan diri untuk membaca. Seperti saat saya membaca novel dan sangat penasaran dengan akhir ceritanya, saya akan terus membaca sampai selesai bahkan sampai berjam-jam dan benar-benar terhindar dari smartphone.
  • Fokus Berkegiatan dan Mengerjakan Sesuatu
Ketika saya fokus mengerjakan suatu pekerjaan atau tugas-tugas, hal tersebut membuat saya bisa lepas dari hal-hal yang kurang penting seperti menghabiskan waktu untuk bermedia sosial. Fokus berkegiatan juga dapat membuat saya menjadi lebih produktif dan dapat menyelesaikan pekerjaan saya dengan baik.

Nah, berikut adalah beberapa cara saya untuk mengurangi distraksi handphone dan media sosial. Kalo kamu punya cara lain, boleh lho sharing!



Have a nice day! 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NKCHTI: Film Drama Keluarga yang Mengacak Perasaan

Memulai Kembali